Game outbound anak

Memberikan sebuah arti kerjasama pada anak – anak tentunya sangat perlu. Melalui contoh – contoh yang sederhana mereka akan lebih mudah memahami bagaimana manusia selalu membutuhkan bantuan atau pertolongan orang lain. Oleh karena itu manusia tentunya memiliki ketergantungan sama manusia lain sebuah ketergantungan sesame manusia inilah yang melahirkan kerjasama anytar manusia. Dalam melakukan segala hal akan lebih ringan jika hal itu dilakukan dengan kerjasama atau bersama – sama. Lebih menyenangkanya lagi jika mengajarkan kerjasama ini kepada anak – anak yang baru memasuki usia dini. Ada banyak macam permainan outbound yang disesuaikan dengan usia anak – anak.

Permainan game outbound

  1. Pipa lines.

Cara bermain dalam permainan pipa lines ini adalah dengan cara memindahkan bola dari start ke sebuah tempat yang telah di sediakan dengan menggunakan pipa yang sudah di belah. Untuk sampai ke tempat penampungan bola, setiap peserta harus menggerakan bola sambil mencegahnya agar tidak terjatuh. Permainan ini memiliki manfaat yaitu mengajarkan ketepatan dalam tindakan, konsentrasi, komunikasi dengan teman, serta mendisiplinkan diri agar bersikap jujur. Games bola pipa yang masih tergolong mudah ini bisa diikuti oleh anak- anak usia TK hingga SD. Semakin besar usia anak juga akan menentukan tingkat kesulitan dalam sebuah permainanya.

2. Dragon ball.

Permainan ini bisa dimainkan untuk semua usia termasuk anak – anak mulai usia TK. Peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukan air ke dalam pipa belubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar kembali melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain yang harus menutup lubang – lubang itu dengan menggunakan tangan agar air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar dari pipa. Dragon ball bisa berguna untuk melatih kekompakan saat bekerja sama, belajar bertanggung jawab, pada tugas masing – masing dan rela berkorban.

3. Tarik tambang di lumpur.

Permainan yang melatih kerjasama dalam sebuah tim, kekompakan, konsentrasi dan tanggung jawab satu sama lain ini di mainkan seperti Tarik tambang biasa. Hanya yang memebdakan adalah permainan dilakukan di dalam lumpur sehingga tantangan untuk menjaga keseimbangan menjadi lebih besar. Selain itu setiap anak juga harus dapat belajar berani dengan keadaan kotor dan bau dari kotornya lumpur. Tarik tambang lumpur bisa di mainkan oleh anak – anak mulai dari kelas 5 SD.

4. Kapal pecah.

Bahan yang digunakan untuk melakukan permainan ini sangat sederhana yakni beberapa lembar koran bekas atau terpal. Bahan dibagikan kepada kelompok yang sudah di bentuk dengan jumlah anggota yang sama. Biasanya permainan kapal pecah diikuti oleh 5 – 10 orang di setiap kelompoknya. Selanjutnya trainer memberikan penjelasan bahwa koran bekas atau terpal yang sudah dibagikan di ibaratkan sebagai kapal di mana setiap anggota kelompok harus berdiri di atasnya.

5. Joget balon.

Permainan ini dilakukan yang masing – maisng tim terdiri dari 2 orang. Keduanya harus meletakan balon di dada sambil berjoget mengikuti irama musik. Kelompok yang menang adalah kelompok yang bisa mempertahankan balonya tidak jatuh saat music selesai di putar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *